Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Senin, 23 April 2012

TUGAS 5 UPAYA PEMERINTAH MENANGGULANGI KEMISKINAN

TUGAS 5


Upaya Pemerintah  Untuk  Mengatasi Masalah Kemiskinan :


I.    Program Rumah Murah

Dalam era globalisasi yang sudah sangat modern ini, bukan rahasia umum lagi masih banyak masyarakat Indonesia khususnya Daerah Ibu Kota Jakarta yang masih  tinggal di bawah di kolong jembatan, di emperan jembatan penyeberangan, atau di bantaran sungai. Yang saat ini sudah padat di huni oleh masyarakat yang miskin. Seperti kita ketahui tempat seperti kolong jembatan, jembatan penyeberangan, atau di bantaran sungai sangat tidak layak untuk sebuah hunian.

Tempat  seperti itu selain tidak layak untuk sebuah hunian, tentu sangat membahayakan jiwa maupun  dari segi kesehatan, kenyamanan , keamanan , serta marabahaya yang siap mengancam jiwa masyarakat  pada situasi apapun. Oleh karena itu pemerintah memiliki terobosan  terbaru dalam mengatasi masalah kemiskinan salah satunya dengan program rumah murah.

Program rumah murah ini tentunya ditujukan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah. Pemerintah sedang mengupayakan bagaimana membangun rumah hunian yang layak tetapi tetap berkatagori murah.Harganya berkisar antara Rp.20-25 juta. Cara pembeliannya dapat dengan kredit lunak atau  mendapat bantuan dari pemerintah  untuk sebagian biaya pembelian.

Ada dua katagori dalam  program rumah murah ini antara lain :
  •  Rumah sangat murah dan rumah murah
Pembelian rumah murah ini biayanya dapat diambil dari biaya bantuan BUMN, CSR Perusahhan swasta serta varian itu sendiri. Rumah sangat murah ini dihargai Rp.5 -10 juta. Pemerintah membangun rumah murah  ini dengan harapan rumah ini dapat menjadi hunian sementara sebelum mereka mendapatkan rumah  layak huni yang lebih baik dari rumah murah ini.

II.    Program Air Bersih

Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi setiap makhluk hidup di alam jagad  raya ini. Air salah satu kebutuhan  yang  tidak dapat digantikan oleh apapun. Air selalu digunakan untuk kelangsungan hidup. Berbagai aktivitas kehidupan menggunakan air contohnya :
  •     Air digunakan makhluk hidup untuk  minum
  •     Air digunakan untuk Mandi, Cuci, dan Kakus(MCK)
  •     Air digunakan untuk memasak
  •     Air diguanakan untuk sembahyang, dll.

Dari beberapa contoh aktivitas  tersebut air merupakan kebutuhan  yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Dengan semua aktivitas yang memerlukan air tentu harus menggunakan air  yang bersih. Air bersih merupakan air yang tidak tercemar oleh apapun. Air bersih itu tidak berwarna, tidak berbau, serta tidak berasa. Air bersih kesehtan pun terjamin. Pemerintah mengadakan program air bersih agar tidak ada lagi krisis air bersih di daerah gersang serta tandus, baik di perkotaan maupun di pedesaan itu sendiri.

Tujuan dari program air bersih ini supaya pada tahun 2025 nanti, tidak ada lagi krisis air bersih.Dan program air bersih salah satu cara dalam  mengatsi kemiskinan pada masyarakat. Alokasi dana ini dapat diambil dari APBN. Berdasarkan dari proyek PNPM dan PU.

III.    Program Angkutan Umum Murah

Mengingat harga barang dan jasa yang terus meningkat tajam, serta merupakan kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi bagi masyarakat kalangan umum.  Dengan program angkutan umum murah pemerintah mengharapkan harga angkuatan umum yang paling murah 120 juta. Angkutan umum murah ini sangat ditujukan kepada masyarakat pedesaan. Pemerintah menginginkan angkutan ini menggunakan energi listrik di-switch.

IV.    Program Peningkatan Kehidupan Nelayan

Program peningkatan kehidupan bagi nelayan merupakan salah satu  terobosan terbaru yang di upayakan oleh pemerintah dalam mengatasi kemiskinan. Beberapa fasilitas yang akan diberikan oleh nelyan dari pemerintah diantaranya yaitu :
  •     Pekerjaan alternatif dan tambahan bagi keluarga nelayan
  •     Pembangunan SPBU Solar
  •     Angkutan umum murah
  •     Pembutan rumah murah
  •     Fasilitas Bank
  •     Fasilitas puskesmas dan sekolah
  •     Skema UKM dan KUR
Dengan beberapa fasilitas dari pemerintah yang di berikan bagi keluarga nelayan diharapkan dapat mengurangi beban hidup bagi keluarga nelayan.

V.    Program Listrik Murah dan Hemat

Secara signifikan mengurangi penggunaan BBM sebagai sumber daya listrik. Program listrik murah sangat membantu untuk pengurangan subsidi. Dengan percepatan elektrisasi desa. Perluasan energi surya melalui teknologi terkini yang murah. Dengan  terobosan terkini di harapkan listrik dapat sampai ke desa-desa yang berada di pelosok dan terpencil. Kini listrik seharusnya dapat dinikmati bukan hanya untuk masyarakat kelas menengah keatas, tetapi dengan program listrik murah dan hemat. Pemerintah mengupayakan pemerataan listrik murah serta hemat untuk mengatasi masalah kemiskinan.

Daftar Pustaka :
www.google.com
www.wikipedia.com
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nasional/11/02/22/165519-pemerintah-rilis-enam-program-baru-penanggulangan-kemiskinan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar